26 Maret 2009

BERITA ACARA PELANTIKAN

BERITA ACARA PELANTIKAN

 

Adik – adik sekalian !!!

            Sebelum saya melantik dan mengukuhkan adik – adik sebagai anggota baru gerakan pramuka Gugus Depan Banjarmasin…….. - ……… saya perlu menegaskan Bahwa Gerakan Pramuka adalah suatu wadah pembinaan Pengorganisasian kegiatan Pramuka yang mengatur aktifitas kegiatan dan kehidupan sehari – hari.

            Untuk itu sebelum pelantikan  ini saya akan mengajukan beberapa pertanyaan yang saya minta adik – adik untuk memberikan jawaban dengan tegas, dengan suka dan rela yang dilandasi Satya dan Dharma Pramuka Indonesia.

 

Pertama                  :     Anggota Pramuka hakikatnya adalah pondasi awal dalai Gerakan 

Pramuka

Bersediakah adik – adik menjadi anggota Gerakan Pramuka Seutuhnya…….?

                                    …………………………………………..( Jawaban : Bersedia )

Kedua                    :     Tri satya dan Dasa Dharma adalah kode etik setiap anggota

Gerakan Pramuka

Bersediakah adik – adik menjalankannya dalam kehidupan sehari – hari .....?

                                    …………………………………………..( Jawaban : Bersedia )

Ketiga                    :     Sebagai perwujudan kesediaan adik – adik.

Bersediakah adik – adik secara sukarela dan dengan hati yang tulus ikhlas mengucapkan Janji Pramuka : ( TRI SATYA )

…………………………………………..( Jawaban : Bersedia )

 

Sebelum mengucapkan janji saya persilahkan adik – adik  berdo’a memohon kehadirat Tuhan Yang Maha Esa agar apa yang akan adik – adik ikrarkan mendapat ridho dan selalu mendapatkan bimbingn-Nya.

Berdo’a saya persilahkan........................................................selesai

Kemudian peganglah ujung Sang Merah Putih dan letakan pada detak Jantung adik – adik sebagai tanda bahwa selama jantung masih berdetak mudah – mudahan adik – adik akan selalu ingat akan tugas dan kewajiban selaku anggota gerakan Pramuka.

 

Selanjutnya ikutilah ucapan saya            :

 

TRI SATYA

 

Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh - sungguh :

-         Menjalankan Kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan  Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila

-         Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat

-         Menepati Dasa Dharma

 

Atas dasar Janji Satya yang adik – adik ucapkan dengan di sertai kesanggupan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai Anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan Banjarmasin ............... - ....................., maka dengan Rahmad Tuhan Yang Maha Esa, saya melantik dan mengukuhkan adik – adik sebagai Anggota Pramuka Gugus Depan Banjarmasin .................... - ..................

Selesai

 

Kota Banjarmasin,                          2008

Yang Melantik :

Pembina Gugus Depan

Banjarmasin ............... - ...................

 

 

 

( .................................................... )

1 komentar:

Insan Gaufuan, Menggapai Mimpi mengatakan...

kak, gimana kalau berita acara pelantikan laksana....?