26 Maret 2009

Administrasi Dalam Penegak

Administrasi Dalam Penegak

 

 

 

 

Dalam upaya mewujudkan gugusdepan yang terorganisir dengan baik, maka perlu adanya dukungan administrasi/tata usaha, yang berkaitan dengan keadaan dan perkembangan satuan, seperti : keanggotaan, kegiatan, perlengkapan, kecakapan, dll dengan manfaat untuk :

·        penyusunan program kerja tahunan dan rencana kegiatan

·        bahan penyusunan laporan

·        mengetahui perkembangan satuan

·        mengetahui perkembangan peserta didik

·        pertanggungjawab pelaksanaan kegiatan

·        data sejarah satuan

 

Berikut ini administrasi satuan yang harus dimiliki oleh suatu satuan :

Daftar Anggota
Daftar anggota disusun dengan kolom-kolom, sbb :

            - Nomor urut, nomor induk, nomor tanda anggota

            - Nama lengkap peserta didik

            - Agama

            - Tempat dan tanggal lahir

            - Alamat

            - Golongan darah

            - Sekolah

            - Alamat orang tua/wali

            - Pekerjaan orang tua/wali

·     Daftar Prestasi, yang dinilai berdasarkan kehadiran peserta didik

·     Daftar Iuran

·     Daftar pencapaian SKU, SKK, SPG

·     Daftar Tabungan Pribadi

·     Buku Kegiatan

            - Rencana Kegiatan

            - Program Kegiatan

            - Acara Kegiatan

·     Buku Harian dan Album, berisi catatan segala kejadian dan hal ihwal satuan yang bersangkutan dengan mencantumkan dokumentasi-dokumentasi kegiatan atau foto kegiatan.

·     Kartu data pribadi / Kartu Anggota, berisi perkembangan pribadi anggota. Kartu ini hanya     dipegang oleh Pembina.

·     Buku Risalah Rapat

·     Buku Catatan keuangan

·     Buku Tamu, mencatat siapa dan tujuan yang berkunjung ke satuan atau gudep.

 

Tidak ada komentar: